Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri
Universitas Muhammadiyah Malang
Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri
Universitas Muhammadiyah Malang

Informasi Umum

INFORMASI UMUM

 

Di era globalisasi ini dunia industri berkembang dan tumbuh secara cepat, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa arus globalisasi tersebut membawa pengaruh yang besar bagi dunia industri, khususnya Indonesia. Indonesia sudah menghadapi pasar bebas ASEAN Free Trade Ageement (AFTA) Tahun 2015. ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN. Tantangan AFTA bagi Indonesia adalah pengusaha/produsen Indonesia dituntut terus menerus dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan bisnis secara profesional guna dapat memenangkan kompetisi dari produk yang berasal dari negara anggota ASEAN lainnya baik dalam memanfaatkan peluang pasar domestik maupun pasar negara anggota ASEAN lainnya. Salah satu kemampuan produsen yang harus di tingkatkan dalam menghadapi AFTA adalah kemampuan pengelolaan terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari para supplier diantara fasilitas-fasilitas organisasi dan kepada para pelanggan.

Logistik bertujuan untuk menyampaikan barang jadi dan bermacam-macam material dalam jumlah yang tepat pada waktu dibutuhkan, dalam keadaan yang dapat dipakai, ke lokasi  yang dibutuhkan dan dengan total biaya yang terendah. Sistem logistik Indonesia belum menunjukkan kinerja yang baik. Logistics Performance Index (LPI) Bank Dunia tahun 2009 menempatkan Indonesia pada posisi ke-75 dari 150 negara yang disurvei, berada di bawah Malaysia (29) dan Thailand (35). Bahkan, LPI Indonesia di bawah Vietnam yang berada di posisi ke-53 (http://www.supplychainindonesia.com). Persaingan bisnis dalam era global telah mencapai tahapan kompetisi yang sangat ketat, dimana sistem pengelolaan bisnis secara konvensional tidak lagi memadai. Kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan dalam mengambil keputusan bisnis khususnya di sistem logistik. Sehingga sistem informasi logistik sangat diperlukan dalam meningkatkan performasi perusahaan dalam menghadapi AFTA.

Pentingnya penerapan  teknologi informasi  dalam sistem logistik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan adalah  dengan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu dibutuhkan  suatu pengetahuan mengenai sistem informasi logistik dalam perkembangan bisnis secara keseluruhan. Seminar ini mengangkat tema “Logistics Information Systems for Global Business Competitiveness” diharapkan mampu  mengangkat isu mengenai perkembangan sistem logistik informasi di Indonesia.

Shared: